Temuan Jarum Tembaga, Logam Tertua Dunia Berusia 6000 Tahun

Yang paling penting dalam penggalian situs arkeolog ini adalah temuan jarum tembaga berukuran 4 cm. Jarum tembaga setebal 1 milimeter dimana ujungnya terbuat dari gagang kayu ditemukan oleh Prof Yosef Garfinkel dari Universitas Ibrani disebuah kuburan seorang wanita berusia sekitar 40 tahun. Pinggang wanita itu juga ditemukan sabuk yang terbuat dari 1668 manik-manik telur burung unta, dan makam ditutupi beberapa batu besar. Jarum tembaga ditemukan tepat diatas kerangka dalam kuburan tertutup yang mungkin pernah dimilikinya.

Arkeolog meyakini bahwa orang-orang pada waktu itu mulai menggunakan logam, tepatnya periode Chalcolithic Akhir. Implikasi ini memiliki dampak signifikan pada pemahaman arkeologis tentang penggunaan teknologi kompleks dan konteks sosial terkait. Hasil pemeriksaan kimia menunjukkan bahwa jarum tembaga mungkin berasal dari Kaukasus, sekitar 1000 kilometer dari Tel Tsaf. Menurut Dr Rosenberg, hubungan komersial yang dikelola masyarakat desa wilayah itu sudah dikenal sejak periode yang lebih awal. Dimana impor teknologi baru dikombinasikan dengan pengolahan bahan baku baru yang datang dari lokasi jauh ke Tel Tsaf.

Para peneliti masih belum meyakini tujuan penggunaan apa jarum tembaga, tetapi penggunaan benda logam serta sumber yang jauh menjadi saksi status sosial yang tinggi bagi kaum wanita dan pentingnya makam mereka. Jarum tembaga yang ditemukan dalam kuburan wanita merupakan salah satu penguburan paling rumit masa itu, mungkin indikasi pertama hirarki sosial dan kompleksitas terjadi saat itu. Meskipun penemuan jarum tembaga di Tel Tsaf merupakan bukti adanya puncak perkembangan teknologi diantara bangsa-bangsa wilayah tersebut, juga merupakan penemuan penting global.
This entry was posted in Histories. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s