Listrik Nirkabel, Teknologi Baru Pengisi Daya Tanpa Kabel

Sebuah sistem yang dianggap sebagai terobosan terbaru yang telah dipatenkan oleh UPV, berdasarkan pada penggunaan resonator yang dirancang dengan kristal fotonik radial. Material ini merupakan salah satu pendukung yang berfungsi sebagai pemancar energi listrik, sementara perangkat lainnya akan digunakan pada perangkat elektronik sebagai penerima energi listrik nirkabel.
Tehnik yang digunakan diantara kedua perangkat dan dikenal sebagai kopling resonansi yang nantinya menghasilkan pengisian daya. Menurut Jose Sanchez-Dehesa, salah satu peneliti fenomena gelombang dari Universitat Politecnica de Valencia, fenomena gelombang dihasilkan jika benda resonansi dipindahkan lebih dekat ke elemen resonansi kedua, dan kedua frekuensi resonansi adalah sama atau sangat mirip. Kedekatan fisik ini menghasilkan kopling energi dari perangkat pertama yang bertindak sebagai sumber, sedangkan yang kedua bertindak sebagai penerima listrik nirkabel.

Perangkat energi listrik nirkabel juga dapat digunakan sebagai sistem catu daya untuk peralatan seperti keyboard dan mouse nirkabel, speaker, dll. Selain digunakan pada elektronik konsumen, bisa juga digunakan pada lingkungan industri sebagai power supply untuk robot dan perangkat bioelectric (contohnya alat pacu jantung dan defibrillator)

Menurut Jorge Carbonell, peneliti di Wave Fenomena Group, yang paling menarik, teknologi energi listrik nirkabel bisa mengikuti metode yang sama dan juga bisa berguna sebagai jaringan Wifi. Masa depan tanpa kabel sudah didepan mata, berbagai perangkat elektronik nantinya tanpa menggunakan kabel, bahkan mungkin saja tiang listrik tidak lagi menghabiskan gulungan kabel ribuan meter.
This entry was posted in Energy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s