Misteri Materi Gelap Membentuk Galaksi Akhirnya Terungkap

Ilmuwan meyakini, gumpalan materi gelap atau lingkaran cahaya yang muncul sejak awal terbentuknya alam semesta terjebak gas intergalaksi dan menjadi tempat kelahiran ribuan galaksi. Teori kosmologi memprediksi bahwa lingkungan kosmik seharusnya dipenuhi dengan jutaan Halos kecil, tetapi hanya beberapa lusin galaksi kecil yang berhasil diamati sekitar Bima Sakti.

Para ilmuwan meyakini simulasi ini akan menjawab pertanyaan seputar keberadaan materi gelap. Secara eksplisit menjelaskan bagaimana dan mengapa jutaan lingkaran cahaya disekitar galaksi Bima Sakti dan Andromeda gagal menciptakan galaksi Halos. Menurut ilmuwan, gas yang akan membuat galaksi tersebut disterilkan dengan panas yang dikeluarkan dari bintang pertama yang terbentuk di alam semesta dan dicegah dari pendinginan kemudian berubah menjadi bintang.

Beberapa Halos berhasil melewati panas kosmik dan cukup cepat dalam mempertahankan gas hingga akhirnya membentuk galaksi. Melalui simulasi pencarian materi gelap, ilmuwan menyadari bahwa jika teoripartikel materi gelap benar maka alam semesta seharusnya dipenuhi lingkaran cahaya yang gagal membentuk galaksi. Mungkin suatu hari nanti, para astronom akan menemukan cara menemukannya.
Generasi bintang pertama memancarkan radiasi intens, memanaskan gas intergalaksi dengan suhu lebih panas dari permukaan matahari. Setelah itu, gas ini menjadi jauh lebih panas dan pembentukan bintang jauh lebih sulit. Sehingga meninggalkan lingkaran cahaya untuk membentuk galaksi baru dengan kesempatan sangat kecil. Pemanasan kosmik bukanlah sekadar hal utama, tetapi sebaliknya merupakan proses seleksi ketat dan hanya lingkaran cahaya (materi gelap) yang berkembang sangat cepat yang sesuai dalam pembentukan galaksi.
This entry was posted in Space. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s