Jubah Tembus Pandang Terbaru Anti Indera Perasa

Sejak dahulu hingga kini, penyihir dan ilusionis membuat ilusi menghilang dengan cara terampil menggunakan delusi mental dan taktik pengalihan. Justru sebaliknya, yang dilakukan para peneliti Karlsruhe Institute of Technology menciptakan jubah tembus pandang berdasarkan hukum fisika, membuat objek hampir tak tersentuh. Dalam beberapa tahun terakhir berbagai jubah tembus pandang fisik dikembangkan, misalnya jubah tembus pandang optik mampu membuat obyek tak terlihat tetapi panas ataupun suara masih bisa terdeteksi.
Jubah tembus pandang didasarkan pada metamaterial yang terdiri dari polimer. Menurut Tiemo Buckmann, sifat utamanya ditentukan struktur khusus, ilmuwan menciptakan struktur disekitar objek yang akan disembunyikan. Dalam struktur ini kekuatan tergantung pada lokasi dengan cara yang ditentukan. Ketepatan komponen dikombinasikan dengan ukuran susunan lengkap merupakan salah satu kendala besar dalam pengembangan jubah tembus pandang mekanis.

Metamaterial merupakan bahan kristal terstruktur dengan akurasi sub-mikrometer, terdiri dari bentuk kerucut mirip jarum yang ujungnya bertemu. Ukuran dari titik kontak dihitung secara tepat untuk mencapai sifat mekanik yang diinginkan. Melalui cara ini, struktur jubah tembus pandang yang dihasilkan terlihat sempurna, dimana jari manusia atau instrumen pengukuran tidak akan mampu merasakan objek.

Jubah tembus pandang dibuat dari silinder keras yang dimasukkan ke lapisan bawah, setiap objek yang akan disembunyikan dapat dimasukkan ke dalam rongga. Jika busa ringan atau lapisan kapas ditempatkan di atas silinder keras, silinder akan lebih sulit disentuh. Struktur metamaterial mengarahkan kekuatan sentuhan jari sehingga silinder tersembunyi sepenuhnya.
This entry was posted in Science. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s