Planet Baru Mirip Bumi Ditemukan Mengorbit Bintang Kapteyn

Sementara planet kedua disebut Kapteyn c ukurannya lebih besar (Super- Earth), peredarannya berlangsung selama 121 hari dan mungkin permukaannya terlalu dingin. Pada saat ini ilmuwan hanya memiliki data beberapa sifat planet baru diantaranya perkiraan massa, periode orbit planet, dan jarak dari bintang induknya (bintang Kapteyn). Pengukuran atmosfer menggunakan instrumen yang saat ini sedang dikembangkan, astronom akan memverifikasi kemungkinan ada atau tidaknya air.
Sistem planet baru mirip Bumi yang terdeteksi Kepler NASA biasanya berjarak ratusan tahun cahaya. Sebaliknya, Bintang Kapteyn termasuk 25 bintang terdekat dengan Matahari yang jaraknya 13 tahun cahaya dari Bumi. Bintang Kapteyn diperkirakan lahir di Galaksi kurcaci yang orbitnya terganggu dan tertarik oleh Bima Sakti. Galaksi ini kemudian mengatur orbit baru bintangnya, sehingga akhirnya menjadi bagian dari Halo Bima Sakti.
Bintang inti mungkin berasal dari galaksi kerdil Omega Centauri, kelompok bintang misterius jaraknya 16000 tahun cahaya dari Bumi yang berisi ratusan ribu bintang tua. Mungkin bintang Kapteyn yang paling tua diantara ribuan bintang, usianya sekitar 11,5 miliar tahun atau 2,5 kali lebih tua dari Bumi dan 2 miliar tahun lebih muda dari alam semesta (13,7 miliar tahun).
This entry was posted in Space. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s