Ternyata, Exoplanet Luar Tata Surya Kaya Berlian

Moriarty, Madhusudhan, dan Fischer mengembangkan model canggih untuk memperkirakan komposisiexoplanet kaya berlian. Model sebelumnya didasarkan pada gambaran statis disk gas, tempat planet mengelilingi bintangnya. Perkiraan model terbaru melacak perubahan komposisi disk yang disebabkan karena faktor usia planet.
Studi ini menemukan bahwa disk dengan rasio karbon-oksigen lebih besar dari 0,8 persen maka exoplanet yang kaya karbon terbentuk jauh dari pusat disk. Ilmuwan juga menemukan bahwa planet yang kaya karbon dapat terbentuk dalam disk dengan rasio karbon-oksigen rendah 0,65 persen jika planet yang terbentuk dekat dengan bintang induknya, seperti Bumi.
Pada pemodelan sebelumnya telah memperkirakan exoplanet yang kaya karbon hanya bisa terbentuk dalam disk dengan rasio karbon-oksigen lebih tinggi dari 0,8 persen. Menurut ilmuwan nilai ini sangat penting karena ada banyak bintang dengan rasio karbon-oksigen lebih besar dari 0,65 persen dan 0,8 persen.
Madhusudhan mengatakan, studi ini menunjukkan bahwa dunia diluar planet Bumi komposisi kimianya bisa sangat beragam, banyak exoplanet yang komposisi kimianya drastis berbeda daripada Bumi. Setidaknya sampai saat ini telah ditemukan lebih dari 1000 exoplanet dan lebih dari 3000 kandidat exoplanet masih menanti penelitian lebih lanjut.
This entry was posted in Space. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s