Lubang Hitam Supermasif Tak Berbentuk Donat

Dengan bantuan komputer, para ilmuwan mampu memilih lebih dari 170,000 lubang hitam supermasif dari data NASA WISE. Kemudian mengukur pengelompokan galaksi yang memiliki potensi lubang hitamtersembunyi maupaun terbuka berdasarkan objek yang terkumpul disekitarnya. Jika model terpadu benar, dan lubang hitam supermasif yang tersembunyi hanya terblokir oleh bentuk donat (pandangan samping), maka dikelompokkan dalam cara yang sama seperti pandangan atas atau bawah.
Struktur donat berorientasi acak, lubang hitam juga harus di distribusikan secara acak. Sama seperti melempar donat ke udara, kira-kira persentase pandangan yang sama selalu akan diposisikan ditepi dan posisi atas-bawah. Hasil penelitian menunjukkan galaksi yang memiliki lubang hitam supermasif tersembunyi lebih dominan mengelompok, dimana ilmuwan harus menyesuaikan model terpadu dengan cara baru untuk menjelaskan ‘mengapa beberapa lubang hitam supermasif tersembunyi?
Ada model lain dalam memahami hasil penelitian NASA WISE yang melibatkan materi gelap. Materi gelapmerupakan zat yang tak terlihat mendominasi materi alam semesta. Materi gelap lebih berharga daripada materi biasa yang mampu menciptakan makhluk, planet dan bintang, dimana setiap galaksi berada ditengah lingkaran materi gelap. Dengan kata lain, lingkaran cahaya materi gelap yang lebih besar memiliki gaya gravitasi tinggi dan mampu menarik galaksi lain ke arahnya.
Data NASA WISE menemukan lubang hitam supermasif telah dikaburkan kerumunan objek lain, ilmuwan berusaha mengetahui lubang hitam yang tersembunyi di galaksi menggunakan lingkaran cahaya materi gelap yang lebih besar. Meskipun penggunaan model ini tidak menjamin untuk mengungkap keberadaa lubang hitam supermasif, tetapi bisa menjadi petunjuk. Sampai saat ini, ilmuwan masih menganalisa data NASA WISE yang dimasukkan sejak tahun 2011 setelah pemindaian dua kali diseluruh angkasa.

NASA’s WISE Findings Poke Hole in Black Hole ‘Doughnut’ Theory, 22 May 2014, by NASA/Jet Propulsion Laboratory. An artist’s drawing a black hole named Cygnus X-1, image courtesy of NASA/CXC/M Weiss.

This entry was posted in Space. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s