Ilmuwan Ubah Energi Cahaya Menjadi Suara, Teknologi T-Ray

Sementara frekuensi gelombang mikro digunakan dalam transportasi sinyal ponsel, inframerah yang memungkinkan teknologi visi panas, dimana panjang gelombang terlihat ringan dan umum digunakan. Frekuensi Terahertz harus disimpan dalam kondisi dingin agar bekerja atau tidak dapat beroperasi secara real time. Hal ini akan membatasi penggunaan frekuensi pada teknologi T-Ray seperti senjata dan detektor kimia serta pencitraan medis dan diagnosis.

Tim ilmuwan Guo menemukan Transduser khusus yang mampu membuat konversi  energi cahaya menjadi suara, mengubah salah satu bentuk energi ke bentuk yang lain, sinar Terahertz (T-Ray) diubah menjadi gelombang Ultrasound dan kemudian mengirimkannya.

Transduser terbuat dari campuran plastik yang disebut polydimethylsiloxane atau PDMS dan nanotube karbon. Bila cahaya lampu Terahertz menyentuh transduser, nanotube akan menyerapnya dan mengubahnya menjadi panas. Energi cahaya melewati panas pada PDMS, dimana PDMS dipanaskan akan mengembang dan menciptakan tekanan gelombang keluar. Hasil akhir ini merupakan bentuk gelombang ultrasound, gelombang suara 1000 kali lebih tinggi dari maksimal pendengaran manusia.
Meskipun detektor ultrasound T-Ray digunakan dalam pencitraan medis, para peneliti membuat sensitif perlatan itu dalam bentuk cincin plastik mikroskopis yang dikenal sebagai Resonator Microring, struktur hanya berukuran beberapa milimeter. Peralatan terhubung ke sistem komputer, menunjukkan bahwa perangkat ini bisa digunakan untuk memindai dan menghasilkan gambar sebuah salib aluminium.
Kecepatan respon detektor ultrasaund terbaru diperkirakan sepersejuta detik, hal ini memungkinkan pencitraan real time Terahertz dibeberapa daerah. Sistem ini berbeda dengan sistem deteksi Terahertz berbasis panas lainnya karena merespon energi cahaya dari Pulse T-Ray tersendiri, bukan aliran berkelanjutan T-Ray sehingga tidak sensitif terhadap variasi suhu.
This entry was posted in Energy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s