Tembok Romawi Kuno Ditemukan Di Pelabuhan Kota Osita

Arkeologi menemukan tiga daerah baru yang tertutup, gudang besar dipinggir pelabuhan yang selama ini tidak pernah ditemukan, ukurannya seperti lapangan sepakbola. Menurut Profesor Siman, penelitian ini tidak hanya meningkatkan temuan reruntuhan tembok Romawi kuno tetapi juga menjelaskan Tiber telah membelah kota Osita.

Gambaran gudang besar di sepanjang tepi utara sungai memberi petunjuk baru adanya kegiatanperdagangan Romawi kuno yang pernah terjadi dalam dua abad pertama sejak berdirinya kota Osita. 

Tehnik ini menggunakan magnetometry yang melibatkan sistematis pemindai lanskap dengan instrumen genggam kecil untuk mengidentifikasi anomali magnetik lokal berkaitan dengan struktur kuno yang terkubur. Kemudian hasil pemindaian tembok Romawi kuno dipetakan dengan software komputer dan menghasilkan gambar mirip dengan foto udara.
Didekat daerah Trastevere Ostiense, tim aerkeologi juga menemukan bukti yang sangat jelas setidaknya empat bangunan utama. Tiga bangunan mungkin adalah gudang besar dimana tata letak mirip dengan reruntuhan yang digali di Osita. Tetapi bangunan yang ditemukan ini tampaknya lebih besar, panjang berkisar 142 meter dan lebar 110 meter, seperti barisan kolom disepanjang utara ke selatan. Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti fungsi keempat reruntuhan gudang kota Osita, Romawi kuno.
Referensi
New city wall discovered at ancient Roman port, 16 April 2014, by University of Southampton. Foto: Satellite imagery courtesy of Digital Globe Inc, Portus Project.
This entry was posted in Histories. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s