Bentuk Baru Materi Quark Ditemukan, 2 Quark Dan 2 Anti-Quark

Menurut Skwarnicki, penemuan 2 Quark dan 2 Anti-Quark tidak sesuai dengan model tradisional yang saat ini menjadi dasar perhitungan ilmuwan, kemungkinan temuan ini akan memberi cara baru dalam pandangan interaksi fisika. Quark sangat sulit dimengerti, sebuah titik materi seperti yang ditemukan dalam inti atom. Ketika 3 Quark bergabung akan membentuk partikel senyawa yang dikenal sebagai Proton atau Baryon.
Terkadang, Quark berinteraksi sesuai dengan anti-partikel (Anti-Quark) yang memiliki masa sama tetapi berlawanan. Ketika proses ini terjadi, materi membentuk Meson, senyawa yang sering muncul dalam pembusukan partikel buatan manusia seperti yang terjadi pada akselerator partikel, reaktor nuklir, dan sinar kosmik. Meson, Baryon, dan partikel jenis lain akan mengambil bagian dalam interaksi kuat yang disebut Hadron.
Tetapi pada kenyataanya, kalsifikasi ini tetap tidak tertandingi hingga memasuki tahun 2007. Saat ini sebuah tim internasional terdiri dari 400 fisikawan dan insinyur terkenal tergabung dalam Belle Collaboration telah menemukan partikel eksotis disebut Z(4430), bentuk baru materi Quark terdiri dari 2 Quark dan 2 Anti-Quark.
LHCb (Large Hadron Collider beauty) telah berjalan sejak tahun lalu, dimana ilmuwan mempelajari data partikel sendiri menggunakan Belle dan teknik analis BaBar. Dalam proses penelitian materi baru, Skwarnicki dan timnya menegaskan bahwa Z(4430) benar-benar telah terbentuk pada Hadron eksotis. Hal ini memperkuat dugaan terdahulu yang dinyatakan kurang jelas dalam membuktikan keberadaan partikel tersebut.
Setiap percobaan materi baru yang diuji pada Belle, BaBar, dan LHCb, telah menganalisis data sendiri meskipun proses tersebut tergolong sama. Data yang dikumpulkan hanya berbeda waktu, berbeda Collider, dan dengan dukungan teknologi berbeda untuk menangkap partikel yang dihasilkan.

Referensi

This entry was posted in Science. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s