Tempest Stela, Laporan Cuaca Tertua Dari Zaman Perunggu

Terjemahan prasasti Tempest Stela adalah laporan cuaca tertua jelas menunjukkan keberadaan masa pemerintahan Firaun Mesir, Ahmose, kepemimpinannya sangat dekat dengan peristiwa letusan gunung Thera. Temuan ini akan mengubah pemahaman ilmu pengetahuan disaat-saat sejarah manusia mengalami masa kritis pada zaman perunggu.

Prasasti Tempest Stela diperkirakan dibuat pada waktu pemerintahan Firaun Ahmose, seorang raja Firaun pertama dari Dinasti ke-18. Pemerintahan itu menandai awal kerajaan baru saat kekuasaan Mesir mencapai puncaknya. Potongan blok prasasti ditemukan di Thebes, sebuah tempat diduga menjadi wilayah pemerintahan Ahmose. Pada saat itu pemerintahaan Ahmose sekitar tahun 1550 SM, atau 30 sampai 50 tahun sebelumnya.

Kronologi yang digunakan arkeolog didasarkan pada daftar Firaun Mesir dan informasi ini bisa menyesuaikan tanggal pemerintahannya. Di tahun 2006. Pengujian radiokarbon pada pohon zaitun yang terkubur dibawah residu vulkanik, menjelaskan letusan gunung Thera pada tahun 1621-1605 SM. Hal bertentangan dengan penanggalan radiokarbon prasasti Tempest Stela, tetapi peristiwa sangat sesuai dan lebih logis terjadi pada pemerintahan Ahmose.
Selain itu, potongan prasasti Tempest Stela tidak hanya berisi laporan cuaca tertua, tetapi juga menjelaskan gangguan perdagangan dan pertanian disebabkan letusan gunung Thera yang menggerogoti Kekaisaran Babilonia. Hal ini bisa menjelaskan mengapa orang-orang Babilonia tidak dapat menahan serangan dari orang-orang Het, budaya kuno lain yang berkembang didaerah lain (daerah saat ini berada Turki).

Referensi

World’s oldest weather report could revise Bronze Age chronology, 01 April 2014, by University of Chicago. Journal Ref: The Ahmose ‘Tempest Stela’, Thera and Comparative Chronology. Journal of Near Eastern Studies. Tempest Stela of Ahmose, reconstruction of the back, image courtesy of  Malcolm H Wiener and James P Allen.
This entry was posted in Histories. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s