Mikroba, Penyebab Kepunahan Massal 252 Juta Tahun Lalu?

Karbon dioksida menyebabkan peningkatan signifikan gas metana yang diproduksi pada saat terjadinya kepunahan massal. Beberapa peneliti berpendapat bahwa gas-gas ini mungkin telah dikeluarkan dari gunung berapi yang pada akhirnya menciptakan Siberian Trap (formasi luas batuan vulkanik dihasilkan dari letusan gunung). Tetapi dalam catatan penelitian tim MIT, letusan gunung berapi tidak cukup menjelaskan adanya karbon dioksida yang terdapat dalam sedimen, bahkan perubahan karbon dari waktu ke waktu tidak sesuai dengan perkiraan model vulkanik.
Menurut Fournier, karbon dioksida yang dimuntahkan gunung berapi akan diikuti penurunan secara bertahap. Tetapi sebaliknya penyebaran karbon dioksida sangat cepat dan terus meningkat, hal ini menunjukkan adanya ekspansi mikroba. Pertumbuhan populasi mikroba merupakan fenomena yang mampu meningkatkan produksi karbon, atau bahkan lebih cepat dari perkiraan ilmuwan.

Mikroba Methanosarcina mampu membuat metana sangat cepat, melalui transfer gen dari mikroba lain terjadi sekitar periode Permian Akhir. Studi genetik menyatakan adanya lonjakan pertumbuhan drastis, mikroba lebih cepat mengkonsumsi cadangan karbon organik yang tersimpan dalam sedimen laut.

Mikroba Methanosarcina tidak akan mampu berkembang biak secara cepat jika tidak memiliki nutrisi mineral yang tepat untuk mendukung kehidupan. Mikroba tertentu justru membatasi nikel, hal ini diperoleh dari analisis sedimen di Cina, dan meningkat secara drastis setelah letusan Siberia, sehingga menghasilkan deposito nikel terbesar didunia. Nutrisi elemen nikel inilah yang menyediakan makanan untuk pertumbuhan mikroba Methanosarcina.
Lonjakan metana menghasilkan efek yang sama dengan prediksi model terbaru perubahan suhu global, seperti yang terlihat saat ini terjadi kenaikan suhu ekstrim dan dikombinasikan dengan pengasaman lautan. Hampir semua organisme lautan musnah pada saat kepunahan massal periode Permian Akhir, berdasarkan pengamatan bahwa kerang tidak terbentuk di perairan asam.

Mikroba, Penyebab Kepunahan Massal 252 Juta Tahun Lalu?.

This entry was posted in Science. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s