Gigi Dinosaurus Spinosaurid, Fosil Pertama Asal Malaysia

Dr Masatoshi Sone mengkonfirmasi adanya fosil gigi dinosaurus Spinosaurid di Pahang, tim mereka telah bekerjasama untuk melakukan serangkaian ekspedisi lapangan dalam mencari fosil dinosaurus potensial di Malaysia sejak dua tahun lalu, tepatnya September 2012. Salah satu gigi yang ditemukan diperkirakan berasal dari spesis dinosaurus Spinosaurid, umumnya dikenal sebagai dinosaurus karnivora pemakan ikan.
Sampel temuan diberi nama UM10575, fosil ini panjangnya berukuran 23 milimeter dan lebar 10 milimeter. Bagian ini mengembangkan fungsi Cariae yang cukup berbeda antara depan dan belakang dikenali dengan gerigi. Ciri-ciri ini sangat khas terlihat pada gigi Theropoda, salah satu dinosaurus karnivora yang pernah hidup di bumi. Sementara permukaan gigi berbentuk pegunungan kasar dan terkadang terlihat halus, juga sebagai ciri khas dinosaurus Spinosaurid.

Fasil gigi dinosaurus Spinosaurid ditemukan dari salah satu batu sedimen yang terbentuk sejak periode Mesozoikum Akhir, kemungkinan besar spesis Spinosaurid hidup sekitar periode Cretaceous, 145 hingga 75 juta tahun yang lalu.

Menurut tim paleontologi, periode Cretaceous terjadi secara luas di belahan bumi Asia, sehingga menurut ilmuwan sedimen kuno berada di pedalaman Semenanjung Malaysia sehingga nantinya akan terus menargetkan penggalian potensial diwilayah tersebut. Mereka berharap, fosil dinosaurus tersimpan disana dan terus berupaya melanjutkan penelitian untuk mengungkap temuan lainnya.
Tim ilmuwan berusaha mengambil langkah perlindungan dan konservasi temuan situs fosil gigi dinosaurus Spinosaurid, karena situs tersebut berada diwilayah akses terbuka. Pastinya ada kekhawatiran setelah pengumuman publik mungkin akan ada kerusakan karena penggalian tanpa hukum, perampokan fosil ataupun kolektor fosil. Hal yang tidak diinginkan ini pernah terjadi di Thailand, Laos dan Mongolia.

First Discovery of Dinosaur Fossils in Malaysia, 24 February 2014, by Research SEA

This entry was posted in Histories. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s