Situs Pella Jordan Terkubur Gempa Pada Zaman Perunggu

Perubahan yang ditemukan pada kuil situs Pella Jordan menyatakan adanya perubahan mendasar dalam hubungan antara manusia dan Tuhan, sakral, ketaatan beragama beralih dari sosok Pemimpin para  Dewa (El) kepada anaknya Dewa Baal. Salah satu penjelasan yang mungkin menghubungkan penyebaran keyakinan terhadap Dewa Baal terjadi pada zaman Perunggu Awal tahun 2300 SM. Keyakinan tersebar di seluruh Suriah dan mulai menyusup di Kanaan Selatan pada zama Perunggu Akhir.
Sementara gerakan Hurrian Mitanni di Mesir memicu militerisasi pertama pada saat kepemimpinan Thutmosis III, sehingga  untuk pertama kalinya Kanaan Selatan dan Barat termasuk Jordan dibawah kendali Mesir. Kerajaan Thutmosis di Kanaan mulai berubah dan melemah sekitar tahun 1350 SM. Reformasi menyeluruh terjadi di Kekaisaran Mesir, sehingga situs Pella menjadi wilayah perbatasan militer.
Pada tahun 1350 diperkirakan terjadi gempa yang melanda kuil Pella Jordan pada periode Amarna, sebagian besar struktur situs rusak berat menghancurkan dinding dan pilar penahan beban utama. Setelah masa itu terjadi perombakan struktur diikuti perubahan budaya dan politik, seluruh candi dihancurkan. Arkeolog merasa yakin bahwa gempa bumi merupakan penyebab kehancuran dan mengubur seluruh situs lebih dari satu meter.

Situs Pella Jordan Terkubur Gempa Pada Zaman Perunggu.

This entry was posted in Histories. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s