Ditemukan, Bintang Pertama Lahir Setelah Big Bang 13,7 Miliar Tahun Lalu

Menurut Dr Stefan Keller dari Astronomy and Astrophysics – Australian National University, bintang tertua merupakan penemuan pertama dalam sejarah astronom dan tim mereka telah menemukan jejak kimia pada bintang tersebut. Menurutnya, langkah ini akan membantu pemahaman tentang bintang pertama dan sekaligus merekam seluruh fenomena yang terjadi di permukaannya.

Teleskop SkyMapper milik Australian National University mampu memnemukan bintang-bintang dengan kadar zat besi rendah berdasarkan warna pada permukaannya. Komposisi bintang pertama menggambarkan kelahiran setelah bintang primordial yang memiliki massa 60 kali lebih besar dari matahari. 

Menurut Dr Keller, sebelumnya mereka berpikir bahwa bintang primordial sudah mati dalam ledakan yang sangat keras dan tercemar volume besi di ruang angkasa. Tetapi bintang pertama menunjukkan tanda-tanda polusi dengan unsur ringan seperti karbon dan magnesium, bahkan tidak ditemukan tanda-tanda polusi besi.
Pada dasarnya, kebanyakan astronom meyakini bahwa bintang primordial (bintang kuno) mengalami ledakan supernova yang ternyata mengeluarkan energi cukup rendah. Meskipun energi tersebut cukup untuk menghancurkan bintang primordial, hampir semua elemen berat seperti besi ditarik ke lubang hitam yang terbentuk di pusat ledakan. Dalam kosmologi fisik, Big Bang Nukleosintesis (Nulkeosintesis Primordial) mengacu pada inti selain dari isotop hidrogen teringan selama fase awal alam semesta. Nulkeosintesis primordial diyakini telah tercipta sekitar 10 detik hingga 20 menit setelah Big Bang yang membentuk sebagian besar helium, deuterium, dan sebagian kecil menciptakan isotop lithium.

Ditemukan, Bintang Pertama Lahir Setelah Big Bang 13,7 Miliar Tahun Lalu.

This entry was posted in Space. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s