Lubang Hitam Pertama Setelah Usia Alam Semesta 400 Juta Tahun

 

Berdasarkan teori, gas yang dikeluarkan bintang pendamping akan ditarik kedalam lubang hitang sehingga menghasilkan gravitasi yang kuat serta memancarkan energi tinggi radiasi X-Ray. Radiasi X-Ray mampu mencapai jarak yang sangat jauh dan diyakini telah dipanaskan kembali oleh gas bebas di ruang angkasa. Kemudian radiasi X-Ray akan didinginkan sebagai akibat dari ekspansi kosmik asli.
Menurut Profesor Barkana, pemanasan terjadi sangat awal setelah terjadinya Big Bang. Dalam pengamatan, tim ilmuwan mengambil gambar dengan sangat hati-hati tergantung pada energi X-Ray yang dikeluarkan.

Hasil prediksi dinyatakan bahwa lubang hitam pertama telah memancarkan gelombang radio ketika alam semesta berusia 400 juta tahun, pada saat itu ruang angkasa penuh dengan gelombang radio yang dipancarkan oleh gas hidrogen.

Semeetara menurut data pengawasan NASA WAMP yang dikerjakan selama 9 tahun, data tahun 2012 memperkirakan umur alam semesta 13772 milyar tahun dengan ketidakpastian plus minius 59 juta tahun. Pengukuran menggunakan puncak akustik pertama pada latar belakang spektrum gelombang mikro untuk menentukan ukuran alam semesta.  Waktu perjalanan cahaya ke permukaan Bumi menghasilkan data akurat dengan asumsi kesalahan mendekati 1 persen.
Penemuan ini mematahkan pandangan umum dan menunjukkan bahwa teleskop radio juga mampu mendeteksi tanda-tanda pemansan kosmik yang disebabkan lubang hitam pertama di alam semesta. Ilmuwan dan astronom kini tengah membangun teleskop radio untuk mendeteksi gelombang dari hidrogen alam semesta awal.

Lubang Hitam Pertama Setelah Usia Alam Semesta 400 Juta Tahun.

This entry was posted in Space and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s