Mengungkap Mahendraparvata, Kota Kuno Kamboja Yang Hilang

Landskap arkeologi Phnom Kulen mencakup waduk yang menjadi sumber air terbesar di wilayah Khmer. Peneliti setidaknya telah menemukan lima waduk berdasarkan survey tanah dan banyak situs serupa memiliki karakteristik berbeda, atau mungkin juga memiliki fungsi berbeda. Yang terpenting bagi Kekaisaran Khmer adalah waduk yang berbentuk tanggul tanah, tetapi masih belum jelas dimana pintu airnya. Tanggul ini digunakan sebagai perangkat penahan banjir dan penyimpanan air pertanian dengan kapasitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk kota Mahendraparvata.
Data yang diperoleh berupa informasi arkeologis tentang penggunaan lahan di daerah tersebut. Menurut tim arkeolog, dataran tinggi Phnom Kulen dipenuhi penduduk sekitar pertengahan hingga akhir abad ke-8 Masehi. Sampel tanah dan vegetasi menunjukkan bahwa waduk sudah beroperasi selama 400 tahun lebih dan pemukiman dianggap cukup intensif untuk memicu erosi tanah. Erosi tanah mungkin saja terjadi dalam rentang waktu 250 tahun yang dimulai sejak pertengahan abad ke-9.
Bukti yang menggambarkan akhir kependudukan kota Mahendraparvata terlihat pada erosi tanah yang terjadi pada akhir abad ke-11. Situasi tersebut menceritakan perubahan besar dalam pengoperasian waduk serta manajemen pengairan, di tandai dengan adanya timbunan pasir. Perubahan pengelolaan air di abad ke-12 mengindikasikan bahwa pemukiman di kota Mahendraparvata tidak hanya luas tetapi juga intensif dan disertai dampak lingkungan.

Mengungkap Mahendraparvata, Kota Kuno Kamboja Yang Hilang.

This entry was posted in Histories and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s