Asal Usul Planet Kepler 34 (AB) Mengorbit Pada Dua Bintang

Dalam penelitian yang dipublikasikan Astrophysical Joournal Letters, Dr Zoe Leinhardt dan rekan-rekannya dari University of Bristol menjelaskan simulasi komputer dari tahap awal pembentukan planet di sekitar bintang biner. Simulasi ini menggunakan model canggih yang mampu menghitung efek gravitasi dan tabrakan fisik antara satu juta blok bentuk planet.
Penelitian itu menegaskan bahwa sebagian besar planet seharusnya terbentuk dalam jarak lebih jauh dari bintang biner pusat dan kemudian bermigrasi ke lokasi saat ini. Dr Leinhardt mengatakan, simulasi semata-mata menunjukkan bahwa disk circumbinary merupakan lingkungan yang tidak bersahabat untuk sebagian besar benda dengan gravitasi sangat kuat.
Ilmuwan juga memperkirakan temuan data sebelumnya tentang tabrakan serta tingkat pertumbuhan fisik planet, sehingga planet Kepler 34 (AB) mungkin telah mempertahankan keberadaannya hingga sekarang. Proses ini sangat kuat, atau menekan sebuah benda dimana planet mungkin saja tidak bisa bertahan dalam orbit dua bintang.
Kesimpulan tersebut setidaknya memberi gambaran tentang planet Kepler 34 (AB), atau semua planet circumbinary yang saat ini sudah ditemukan juga mengalami migrasi dari lokasi pembentukan semula. Salah satu sistem yang memiliki multi surya juga ada pada exoplanet di gugus bintang Messier 67. Dr Leinhardt menambahkan, kemungkinan itu tidak termasuk untuk planet Kepler 47 (AB)c yang lebih jauh jaraknya dari bintang biner tetapi masih termasuk planet circumbinary.

Asal Usul Planet Kepler 34 (AB) Mengorbit Pada Dua Bintang.

This entry was posted in Histories and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s