CERN Membuat Atom Antihidrogen, Ungkap Penciptaan Semesta

Akan tetapi, materi dan antimateri akan musnah ketika saling bertemu sehingga tantangan utama fisikawan dihadapkan pada situasi yang harus menjaga anti atom dari materi biasa. Percobaan ini akan mengambil keuntungan dari sifat magnetik atom antihidrogen dan menggunakan medan magnet non-seragam yang sangat kuat untuk digunakan sebagai perangkap anti-atom. Tetapi gradien medan magnet yang kuat akan menurunkan sifat spectroscopy pada anti-atom. Untuk mencari spektrokopi resolusi tinggi, para ilmuwan mengembangkan inovasi untuk mentransfer atom antihidrogen ke daerah dimana nantinya mampu mempelajari sifat materi dan jauh dari medan magnet.
Kemajuan percobaan antimateri telah berlangsung cepat dalam beberapa tahun terakhir, tahun 2011 lalu percobaan ALPHA berhasil menjebak atom antihidrogen selama 1000 detik. Dan tahun 2013 percobaan ATRAP mengukur langsung momen pertama magnetik antiproton dengan presisi pecahan 4,4 bagian per satu juta.

Apa yang dilakukan dalam percobaan ini bukan tanpa resiko, tetapi tim ilmuwan CERN akan tetap berusaha menjaga dampak yang akan ditimbulkan. Karena pekerjaan ini terkait dengan nuklir yang bisa saja mengakibatkan dampak buruk bagi alam sekitarnya. Isu-isu kecelakaan dalam ujicoba CERN sering terdengar, tapi hingga saat ini laboratorium fisika nuklir terbesar itu tak pernah mengalami kecelakaan kerja.

CERN Membuat Atom Antihidrogen, Ungkap Penciptaan Semesta.

This entry was posted in Energy and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s