Kezaliman Fasisme Sparta, Revolusi Perancis, Hingga NAZI

Revolusi Preancis, lebih dikenal sebagai revolusi berdarah yang dipengaruhi fasisme, menyebabkan lebih dari seratus ribu orang tewas atau mungkin lebih dari dua ratus ribu orang. Seperti halnya Sparta, perang salib, hingga NAZI yang juga menelan korban besar.

Banyak orang yang lebih mengenal Nazisme daripada Fasisme, padahal dalam sejarah yang saya ketahui bahwaFasisme sudah ada sejak zaman kuno dan mungkin saat ini mereka bergerak ‘terselubung’. Catatan sejarah yang pernah kita baca mungkin tidak terang-terangan menyatakan bahwa mereka menganut faham fasisme, tapi gambaran kekejaman yang terjadi di negara mereka lebih mirip dengan pemahaman fasis sebenarnya. Salah satu sejarahnya tertuang dalam buku Blood and Soil: A World History of Genocide and Extermination from Sparta to Darfur karya Ben Kiernan.

Mari kita lihat sejarah Yunani kuno, Sparta, perang salib, revolusi perancis, disambut dengan NAZI Hitler,penjajahan Jepang, kemudian Soviet melalui Stalin, bahkan dalam pengamatan bahwa Fasisme tetap hidup sampai hari ini. Tapi mengapa orang lebih mengenal NAZI yang dianggap sudah mati? Padahal faham mereka tetap terus berjalan dan hampir tidak tercium sebagian besar manusia.

Kezaliman Fasisme Sparta, Revolusi Perancis, Hingga NAZI

This entry was posted in Histories and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s