Madame Blavatsky, Menyeramkan Dan Berpengaruh Di Eropa

Mistis dan okultisme yang dibudayakan dunia Timur, umumnya membawa nama Dunia Baru yang berpikir dan menginginkan kembali ke masa lalu, seperti Mesir kuno, Hindu, dan tradisi-tradisi lain yang tetap hidup dengan kultus (pemujaan) dan organisasi rahasia seperti Ksatria Templar, Mason, dan terkait erat dengan kultus Rosicrucian. Kaum Mason dan Rosicrucian berperan dalam menciptakan England’s Royal Society yang menyebabkan lahirnya sains modern yang cenderung atheis dan materialistis.

Theosophy (teosofi) merupakan kultus kompleks dan tampaknya saling bertentangan dengan filsafat. Madame Blavatsky mengklaim bahwa jiwa-jiwa yang tercerahkan telah melarikan diri dari roda karma dan memilih untuk bereinkarnasi, membimbing dan membantu jiwa yang kurang tercerahkan, dan dia mengatakan bahwa dirinya bertemu dengan “Tuhan” di London ketika berumur dua puluh.

Konsep ini sangat akrab bagi siapa saja yang telah membaca tentang kontemporer keyakinan Dunia Baru. Dia mengatakan bahwa alam semesta adalah satu, bersatu utuh dengan sumber yang akhirnya diketahui dan mengajarkan persaudaraan universal dan altruisme, serta percaya pada ‘rancangan cerdas’ daripada Darwinisme. Madame Blavatsky percaya pada karma dan reinkarnasi, juga dikenal dengan para pemimpin baru, asal-usul Hindu dan Buddha yang dianutnya tidak jelas. Dia juga mengklaim bahwa pembawa pencerahan adalah roh yang disebut Lucifer, nama yang secara harfiah diartikan sebagai ‘Pembawa Terang’, tetapi orang Kristen percaya bahwa hal ini menunjuk pada Setan, pembawa pencerahan yang palsu.

Sumber: Madame Blavatsky, Menyeramkan Dan Berpengaruh Di Eropa

This entry was posted in Tokoh and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s